Rabu, 09 Desember 2015

Mampu Beradaptasi

Pengertian adaptasi adalah cara makhluk hidup untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan dimana mereka berada. Adaptasi ini diperlukan oleh setiap makhluk hidup, karena lingkungan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Banyak yang bilang bahwa pribadi seseorang terbentuk karena lingkungan disekitarnya. Lingkungan positif akan member dampak positif kepada kita. Namun bagaimana halnya jika lingkungan yang bersifat negatif? Apakah akan memberi dampak negative kepada kita? Jawabannya tentu saja iya. Namun hal itu tak akan berlaku apabila kita mampu beradaptasi secara kritis dengan lingkungan kita. Ketika kita memasuki dunia baru yang belum pernah kita kenal sebelumnya hal pertama yang harus kita lakukan tentu saja beradaptasi dengan dunia baru tersebut, dengan begitu akan tercipta kenyamanan baik dalam bersosialisasi maupun hal lainnya.

Contohnya adalah ketika saya lulus SMP/SMA, saya bertemu dengan teman baru yang memiliki sifat yang berbeda-beda, dan tingkat kesulitan dalam mengerjakan juga berbeda-beda. Karena itulah saya harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru saya. Seiring berjalannya waktu saya mulai terbiasa dengan lingkungan baru dimana saya berada. Maka dari itu beradaptasilah dengan lingkunganmu, karena tidak mungkin lingkunganmu yang beradaptasi denganmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar